Awas, Tindakan ini Buat Rezeki Terhenti

Rezeki sejatinya sudah menjadi ketetapan Tuhan untuk setiap makhluk. Jumlah dan kadarnya sudah diatur serta dipastikan tidak tertukar. Tuhan sudah menawarkan jaminan, insan hanya perlu berikhtiar untuk menerima rezeki yang halal.

Ada yang bekerja banting tulang dari pagi sampai petang. Ada pula yang memahami rezeki dengan mengetahui sebab-sebab berlimpahnya dan apa saja yang membuat rezeki macet, seret, hinga terhenti.

Perlu dipahami, jikalau bekerja saja ternyata tidak cukup untuk menarik rezeki. Salah-salah, apa yang dilakukana justru akan membuat rezeki terhenti. Tindakan berikut ini juga harus dihindari. Karena membuat rezeki macet dan tidak mengalir lagi. Apa tindakan tersebut?

Hal ini tentu menjadi ancaman tersendiri, jikalau insan harus menghadapi kondisi dimana rezeki tidak lagi menghampiri. Tidak tabah tentu akan membuat insan tersebut kehilangan arah. Karena sesuatu hal yang mustahil, jikalau berjalan di atas bumi tanpa dibukakan pintu rezeki oleh Sang Maha Pemberi.

Namun memang demikian adanya jikalau kita melaksanakan tindakan ini. Ternyata yang dapat membuat rezeki berhenti mengalir yaitu saat seorang anak tidak pernah mendoakan kedua orang tuanya.

Hal ini berdasarkan hadist yang diriwayatkan oleh Imam al-Hakim Rahimahullahu Ta’ala dalam kitab at-Tarikh dan Imam ad-Dailami dalam kitab Musnadul Firdaus yang berbunyi:

Rasulullah Shallallahu ‘Alaihi Wa sallam bersabda, yang artinya, “Jika seorang anak tidak pernah mendoakan kedua orang tuanya, niscaya rezekinya akan berhenti.”

Disini tertulis jelas, jikalau Tuhan SWT akan menghentikan fatwa rezeki kepada anak yang tidak mendoakan kedua orangtuanya. Bakti anak kepada ayah dan ibu tidak hanya dengan menawarkan kebahagiaan berupa materi. Namun juga cita-cita yang senantiasa kita panjatkan dalam sebuah doa. Tuhan SWT telah memerintahkan semoga anak insan berbakti kepada orangtuanya. Hal ini dijelaskan dalam banyak ayat.

“Dan Rabbmu telah memerintahkan semoga kau jangan menyembah melainkan hanya kepada-Nya dan hendaklah berbuat baik kepada kedua orang tua. Dan jikalau salah satu dari keduanya atau kedua-duanya telah berusia lanjut dalam pemeliharaanmu maka sekali-kali janganlah kau mengatakan kepada keduanya perkataan ‘ah’ dan janganlah kau membentak keduanya. Dan ucapkanlah kepada keduanya perkataan yang mulia, dan rendahkanlah dirimu terhadap keduanya dengan penuh kasih sayang dan ucapkanlah: ‘Wahai Tuhanku, sayangilah mereka keduanya, sebagaimana keduanya telah menyayangi saya waktu kecil.'” (Al Israa’: 23-24).

Juga tertulis dalam Surat An Nisaa’, 36 yang artinya sebagai berikut.:
Tuhan Subhanahu wa Ta’ala juga berfirman dalam surat An Nisaa’ ayat 36, “Dan sembahlah Tuhan dan janganlah menyekutukan-Nya dengan sesuatu, dan berbuat oke kepada kedua ibu bapak, kepada kaum kerabat, kepada belum dewasa yatim, kepada orang-orang miskin, kepada tetangga yang dekat, tetangga yang jauh sobat sejawat, ibnu sabil dan hamba sahaya, sebenarnya Tuhan tidak menyukai orang-orang yang sombong dan membanggakan dirinya.” (An Nisaa’: 36)

Dari keduanya ayat tersebut terlihat terperinci bahwa bakti kepada orangtua menduduki posisi nomor dua setelah insan diperintahkan berbakti kepada Tuhan SWT. Begitu besar jasa mereka sehingga Tuhan begitu marah saat belum dewasa dari orangtua tersebut tidak berbakti meski hanya dengan mendoakannya.

Tidak butuh waktu lama untuk mendoakan mereka. Kita anak-anaknya merupakan investasi alam abadi bagi mereka. Orang renta layaknya kita, mereka juga menginginkan hal yang sama  menyerupai cita-cita kita terhadap belum dewasa kita nantinya.  Wallahu a’lam.
Bagikan :
+
Previous
Next Post »
0 Komentar untuk "Awas, Tindakan ini Buat Rezeki Terhenti"

 
Template By Kunci Dunia
Back To Top